Jumat, 27 November 2009

MEMBANGUN SMS GATEWAY UNTUK INFORMASI NILAI SISWA MENGGUNAKAN GNU LINUX

abstraks:

Andri (2009). Membangun SMS Gateway untuk informasi nilai siswa menggunakan GNU Linux.
Skripsi Jurusan Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma Samarinda.
Pembimbing I: Awang Harsa Kridalaksana, S.Kom, M.Kom,
Pembimbing II: Agus Triyono ST.

Kata kunci: SMS, LINUX

SMS (Short Message Service), telah menjadi suatu tren, bahkan gaya hidup baru tersendiri saat ini.
Dimana-mana, baik di tempat keramaian maupun dilingkungan tempat tinggal dan bahkan sampai ke sekolah-sekolah, dapat dijumpai orang yang tengah asik memainkan jari pada telepon gengam (ponsel) mereka, untuk menuliskan pesan singkat atau dikenal dengan istilah SMS itu tadi.

Dalam hal ini sebagai contoh ketika dalam proses penyampaian informasi nilai kepada orang tua murid SDN 006 Sungai Kunjang Samarinda sering mengalami kendala, dikarenakan penyampaian informasi nilai saat ini disampaikan kepadaorang tua murid setelah akhir semester. Oleh sebab itu perlu dibangun suatu
pengontrol berbasis komputer agar nantinya diperoleh kemudahan dan kelancaran dalam mengontrol dan menginformasikan nilai murid kepada orang tua murid melalui layanan sms gateway.

1.1. Latar Belakang
Short message Service yang lebih dikenal dengan SMS, telah menjadi suatu tren, bahkan gaya hidup baru tersendiri saat ini. Dimana – mana, baik di tempat keramaian maupun dilingkungan tempat tinggal, dapat dijumpaiorang yang tengah asik memainkan jari pada telepon gengam (ponsel) mereka, untuk menuliskan pesan singkat atau dikenal dengan istilah SMS itu tadi.

SMS sendiri adalah sebuah teknologi. Teknologi yang memungkinkan untuk menerima maupun mengirim pesan antar telepon bergerak (ponsel). Teknologi baru ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992 di Eropa oleh ETSI (European Telecommunication Standards Institute), dan pada awalnya menjadi suatu standar untuk telepon wireless yang berbasis GSM (Global System for Mobile Commonications). Namun teknologi lain seperti CDMA dan TDMA pun memasukkan SMS ini sebagai fitur standar mereka.

SDN 006 berniat untuk menggunakan sms untuk kebutuhan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, dalam hal ini sebagai contoh ketika dalam proses penyampaian informasi nilai kepadaorang tua murid pada SDN 006 Sungai Kunjang Samarinda sering mengalami kendala, dikarenakan penyampaian informasi nilai saat ini disampaikan kepada orangtua murid setelah akhir semester.
Oleh sebab itu perlu dibangun suatu pengontrol berbasis komputer agar nantinya diperoleh kemudahan dan kelancaran dalam mengontrol dan menginformasikan nilai murid kepada orangtua murid melalui layanansms gateway.

1.2. Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang masalah yang dijabarkan diatas, maka penulis membuat perumusan masalah, yaitu sebagai berikut :
“Bagaimana Membangun SMS Gateway untuk informasi nilai siswa dengan menggunakan linux”.

1.3. Batasan Masalah
Sesuai dengan permasalahan yang telah diuraikan, maka penulis
membatasi permasalahan sebagai berikut :
1. Memberikan informasi nilai akhir
2. Memberikan informasi nilai per matapelajaran.
3. Peneliti hanya mengambil sampel kelas 1A, 1B dan 1C.

1.4. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah SMS Gateway pada SDN 006 Sungai Kunjang Samarinda, sehingga dapat memberikan informasi yang dibutuhkan setiap elemen dalam SDN 006 Sungai Kunjang Samarinda pada khususnya dan seluruh masyarakat umum.

1.5 Manfaat Penelitian
1.5.1 Bagi Mahasiswa
Mahasiswa dapat menguji kemampuan dalam membangun SMS Gateway, dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta pengalaman.

1.5.2 Bagi Perguruan Tinggi
Sebagai alat ukur, sampai mana kemampuan mahasiswa menerapkan ilmu yang telah didapatkan selama belajar di bangku kuliah. Hasil penelitian ini, sekiranya dapat menjadi bahan inventaris Perguruan Tinggi agar nantinya dapat dijadikan pedoman bagi mahasiswa lain dalam penyusunan laporan kegiatan penelitian dengan temayang serupa. Secara tidak langsung, kegiatan penelitian ini juga sebagai promosi bagi Perguruan Tinggi terhadap keberadaannya didalam masyarakat dan di dunia kerja, sehingga hal ini akan dapat membuka peluang kerjayang lebih luas bagi lulusan Perguruan Tinggi STMIK Widya Cipta Dharma

1.5.3 Bagi SDN 006
Hasil dari kegiatan penelitian ini dapat meningkatkan kualitas yang dimiliki SDN 006. Pemanfaatan teknologi informasi melalui internet akan memberikan kesan dimata masyarakat bahwa SDN 006 juga bisa bersaing di luar danSMS Gateway ini juga dapat dapat bermanfaat untuk mempromosikan SDN 006.

1.5.4. Bagi Sekolah
Aplikasi ini dapat menjadi langkah awal dalam memajukan teknologi informasi khusunya ditiap-tiap sekolah

1.6 Sistematika Penulisan
Penulisan ini menggunakan sistematika sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini membahas mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penulisan
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Pada Bab ini, menguraikan pembahasan mengenai landasan-landasan teori yaitu kernel, ubuntu, HTML, apache, PHP, MySQL, Gammu dan perangkat lainyang berkaitan dengan pokok permasalahan yang diangkat dalam penelitian.
BAB III METODE PENELITIAN
Bab ini menjelaskan tentang metode-metode yang penulis lakukan dalam mengumpulkan informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, seperti mengenai tempat, waktu penelitian, metode pengumpulan data dan analisis data.
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini membahas tentang sejarah secara singkat SDN 006, profil struktur kepengurusan, visi dan misi, ruang lingkup SDN 006 dan pembahasan mengenai perancangan pembuatanSMS Gateway yang dijadikan bahan penelitian.
BAB V PENUTUP
Bab ini menguraikan tentang kesimpulan yang dapat ditarik dari sebuah hasil pembahasan proses penelitian beserta saran-saran yang ditujukan kepada pihak yang berkepetingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar